Saturday, October 22, 2011

Price Police

Price police, saya baru mengenal istilah itu karena belakangan ini saya sering mondar-mandir di forum jual-beli kaskus. Saya gak terlalu paham apa arti sebenarnya, cuman yang saya tangkap bahwa price police itu semacam istilah dalam jual-beli dimana si calon pembeli membanding-mandingkan harga yang ditawarkan oleh penjual dengan harga yang ditawarkan penjual lain. Jadi misalnya kalo ada 2 orang yang menjual barang yang sama tapi harga yang ditawarin beda, nah si pembeli ini bilang sama si penjual yang harganya lebih mahal kalo ada yang jual lebih murah di lapak lain. Yang namanya kaskus kan pasti bilangnya secara "tertulis", jadi semua orang yang mengunjungi "lapak" penjual tersebut pasti baca. Akibatnya, calon pembeli pada lari dan cari lapak lain yang lebih murah.

Jujur aja, saya amat sangat gak suka sama price police ini. Bukannya sok baik, tapi kasian sama yang jual. Mereka jualan juga usaha, bukan ngerampok. Memang sih sebagai pembeli pasti pengen cari yang lebih murah, saya juga pasti mikir gitu kalo jadi pembeli. Tapi apa perlu ngelakuin price police?

Kalo misalnya ngerasa barang yang ditawarin terlalu mahal, kan bisa ditawar sesuai sama harga yang bisa kita bayar. Kalo gak dikasih, ya tinggal tinggalin dan gak usah dibeli. Beli aja sama penjual lain yang ngasih harga lebih murah. Kebanyakan orang juga saya lihat gak sengaja ngelakuin price police. Mungkin udah kebiasaan mereka kayak gitu jadi mereka nganggap itu biasa aja, saya gak tau. Contohnya kata-kata simpel kayak gini : "Ane tawar sekian (nyebutin harga) dikasih gak? Soalnya di lapak lain ada yang nawarin segitu."

Sekarang misalnya kita ada di posisi si penjual, reaksi kita bakal kayak gimana? Tergantung masing-masing orang. Ada yang nganggep biasa aja : "maaf gan belum dapet" atau "naikin lagi dong gan dikit". Ada yang sedikit kesal : "ya silahkan aja agan beli di lapak yang nawarin itu" atau "sadis amat gan nawarnya. Namanya juga usaha, kalo gak niat beli mending jangan nawar". Bahkan ada yang kesel banget : "nawar atau ngajak berantem gan???" atau "bata sent!" (istilah kaskus buat ngasih bad reputation point/BRP)

Saya cuma mau ngingetin aja, menurut pandangan saya. Price police itu gak baik. Kalo lagi cari-cari barang buat dibeli dan nemu penjual yang nawarin harga lebih mahal dari penjual lain, beli aja langsung di tempat yang lebih murah. Kalo mau tawar jangan bilang "ane tawar sekian dikasih gak? Soalnya lapak lain ada yang lebih murah." Cukup kalimat pertamanya saja, karena kita gak tau reaksi si penjual kayak gimana nantinya. Gampang kan? Kita jadi bisa lebih bijak. Ditambah meminimalisasi tenaga, waktu, dan dosa pula ;)

6 comments:

  1. PERTAMAX...
    haha... namanya kok GogoBlogan... tapi ternyata pinter euy..
    makasih atas infonya gan

    ReplyDelete
  2. iya nih bikin jengkel kalo ada buyer kayak gitu, kalau mau beli yah silahkan kalau nggak yah gak usah merusak bisnis orang

    ReplyDelete
  3. price police bisa ngerusak harga pasaran

    ReplyDelete
  4. Klo price police nya positive dlm artian ga nawar yg sadis,saya rasa ga masalah. Krn dlm jual beli itu perbandingan adalah hal yg wajar.. yg ga wajar itu seller yg jual barang 2nd terkadang sangat tipis beda nya sama yg baru.. gerem juga buyer yg liat dan tau harga.. atau mungkin istilah price police ini buat ngelindungin seller dan bisa bodoh2in pembeli.. inget bro.. pembeli itu RAJA Bullshit dengan istilah price police,ga terima di banding2in ya ga usah jualan

    ReplyDelete
  5. Gw juga sering ketemu calon buyer yang kyk gini, secara gw sering jual barang second tp good condition. Kalo udah keluar kata2 " gan turunin harga nya dong,di lapak lain cuma segini" langsung sih gw bilang " yah blm dpt gan, kalo agan nemuin harga segitu langsung beli aja gan,best price tuh" dari sini ane bisa langsung tau mana buyer yg price police mana yang cuma bluffing, kalo yg beneran price police biasanya berenti kontak kalo yang bluffing tp beneran beli langsung bilang " yaudah deh ane ambil, dilapak sebelah udah laku atau dilapak sebelah sellernya ga bs di kontak".

    So far ga masalah sih buat ane selama barang yg kita jual kualitasnya sesuai dengan harga, price police kan hak buyer ga bisa kita larang2, tinggal gmn kita aja ngadepinnya.

    ReplyDelete
  6. Nice inpoh. Kalau ada yang setuju price police, mungkin doi belum pernah jualan...

    ReplyDelete